bg
Activity Perayaan Paskah April 2010
Perayaan Paskah April 2010AKU ANAK YANG MEMBAWA SUKACITA
Tahun ini menjadi awal yang berbeda dalam acara paskah di Panti Asuhan Parapattan. Mengapa? Karena, tahun ini pertama kalinya kami merayakan paskah dengan tema dan susunan acara yang sangat amat berbeda. Biasanya, kami merayakan paskah dengan acara ibadah, sedikit games, dan berakhir di acara makan-makan. Tetapi acara tahun ini benar-benar berkesan bagi kami karena acaranya didukung oleh kakak dari Family Discovery. Melalui acara ini kami jadi lebih termotivasi untuk jadi anak-anak yang membawa sukacita, seperti tema acaranya yaitu “AKU ANAK YANG MEMBAWA SUKACITA”.

Mengawali acara ini dilaksanakan kebaktian pembuka terlebih dahulu, agar apa yang direncanakan pada hari ini dapat berjalan dengan baik dan semuanya untuk hormat dan kemuliaan nama Tuhan. Dalam acara ibadah, kelompok Angklung anak besar membawakan lagu “Salib-Nya” dan kelompok Angklung anak kecil membawakan lagu “Give Thanks” dengan begitu indah. Tidak lupa kami juga memdengarkan Firman Tuhan yang membuat kami lebih percaya diri lagi untuk jadi anak yang membawa sukacita.

Setelah ibadah, kami turun ke lapangan untuk bermain games, tapi bukan sembarang games karena dalam setiap games mengandung makna dan pembelajaran. Belum lagi kakak-kakak dari Family Discovery yang friendly, seru, lucu, baik, dan masih banyak lagi. Kami juga mendapat pengarahan, yang menjelaskan tentang apa yang akan kami lakukan, tata tertib dan aturan bermain. Kalau di rangkum jadi satu, intinya adalah saling menghargai satu sama lain dan saling mendengarkan.

Permainan yang pertama adalah Patung Pancoran, dalam permainan ini kami harus mendengarkan instruksi dari kakak pemandu. Dalam permainan ini kami akan bergabung menjadi satu benda atau kegiatan seperti naik ojek (2 orang), lampu lalu lintas (3 orang), bunga matahari (4 orang), mendayung (5 orang), dan seretusnya yang pada akhirnya hanya ada dua orang pemenang. Pelajaran yang kami dapatkan adalah mendengarkan orang yang sedang berbicara dengan kami dan berkonsentrasi.

Dipermainan kedua ini, kami telah ditetapkan dalam satu kelompok dan itu menjadi kelompok kami selama permainan berlangsung. Ada 5 kelompok yang telah ditetapkan, yaitu kelompok Ayam, Kambing, Kucing, Bebek dan Sapi yang akhirnya mengganti nama kelompoknya dengan nama Asli. Acara untuk menemukan kelompok kami tidaklah mudah, karena mata kami ditutup dan kami di pisahkan satu sama lain. Cara untuk dapat berkumpul dengan teman satu kelompok adalah mendengarkan bunyi hewan sesuai dengan apa yang sudah diberi tahu kepada setiap anak, kami pun melakukannya dengan baik sehingga terbentuk lima kelompok.

Permainan ketiga ini membutuhkan banyak tenaga dan konsentrasi. Dimana kami harus dapat melemparkan bola dengan berkata kepada orang yang kami beri bola, contohnya “Apen, ini bola”, dan Apen yang menarima bola harus berkata “trimakasih kak Agus”. Dan kami harus dapat menerima dan melempar bola sebanyak tiga buah secara berurutan. Tidak hanya itu, tapi kami juga diberikan waktu yang sangat singkat yaitu 15 detik untuk menyelesaikan tugas kami. Pelajaran yang kami dapatkan adalah saling menghargai walaupun kita sedang dalam keadaan sibuk dan mengejar target yang telah ditentukan.

Selain itu masih banyak permainan yang sangat bermanfaat bagi kami. Permainan yang terakhir adalah permainan kekeluargaan yang harus kami selesaikan bersama dengan satu orang pemimpin yang kami harus taati (bukan ditakuti). Akan membawa kami untuk sampai di tujuan terakhir kami. Dalam permainan ini kami akan mendapatkan dua atau lebih cacat dalam tubuh kami (lumpuh kaki, lumpuh tangan, buta, bisu, dan cacat permanen seperti luka bakar). Setiap kami harus dapat menyeberangi laut (yang sebenarnya lapangan bola). Tapi, dalam tubuh kami ada dua atau lebih cacat dan satu-satunya cara adalah saling melengkapi kekurangan yang kami miliki, sedangkan yang tidak lumpuh kaki menggendong yang mengalami cacat kaki. Walaupun kelihatan sangat sulit namun kami dapat menyelesaikan dengan sangat baik. Melalui permainan ini kami harus dapat menyadari bahwa semua manusia tidak sempurna, ada kecacatan dalam diri setiap manusia. Cara terbaik untuk dapat menyelesaikan target kami bersama adalah saling melengkapi dalam kekurangan bahkan mau menolong dalam keadaan dimana kami juga tidak sempurna. Walaupun itu sulit namun kami dapat melakukannya dengan cara kerjasama.

Dan setelah acara ini berakhir, kami akan terus mencoba dan tidak hanya mencoba tapi juga berusaha untuk jadi anak yang selalu membawa sukacita. Kami berharap untuk kedepannya akan ada acara seperti ini, mungkin waktu Natal atau 17-an Agustus. Selain kegiatannya yang menarik, permainan yang dibawakan juga sangat positif dan bermanfaat. Dengan adanya acara ini, kami jadi lebih menyadari bahwa kami dapat menjadi anak yang selalu membawa sukacita dimanapun kita berada.

Oleh : Evi Maria (Anak Asuh Siswa Kelas II SMPK III BPK Penabur - Diponegoro)

framelogo
Jl. Panti Asuhan no 23 Otista III Jakarta 13340Telp: 021-819 2165, 021-49665422, 0813-8211-1832Fax 021-8578901; PIN BB 7D1F9B62Email: yayasan@parapattan.org; Website: www.parapattan.org
Perayaan HUT Panti Asuhan Parapattan ke-179 tahun,18 Okt. 2011 181011-01
Kursus Tata Rambut angkatan I Parapattan - Rudy Hadisuwarno School,Okt. 2011 005
logo
slide1